Latest News

Endometriosis

Selasa, 06 Oktober 2009 , Posted by mychoco at 22.26


Baru keinget...klo aku punya penyakit satu ini.Aneh ya...saking kerjaan banyak numpuk,mpe lupa penyakit di badan sendiri.Penyakit inilah,itulah...mulai sadar ketika penyakitnya pada protes karena kelamaan dicuekin.Sakitnya ??? ngga usah ditanya deh..buat beberapa orang mungkin terlalu mengada ada...badan sehat segar bugar begini kok penyakitan.Maklum ya...penyakit dalam tubuh ya cuma kita sendiri yang bs ngerasain...orang boro boro bisa tau atau ngeliat,ato mo pamer penyakit ? uuffhh... Mumpung anak2 udah pada tidur,iseng2 ngecek,googling sendiri,mencari tau apa,siapa sih si " endo " satu ini...soalnya dulu sempat heran,waktu divonis dokter kena si endo,katanya gw ngga bisa hamil...lha...setahun kemudian kok malah isi ?? dduh...si dokter bikin bingung deh...ditanyain juga malah dianya ikutan bingung..cape d...Yang lebih parah lagi,setelah si baby lahir,si endo masih betah aja nangkring,malah nambah gede aja...( bener2 ngga tau diri banget ya...nambah2in berat isi perut gw aja...uugh).Padahal seharusnya dia menyusut,ato bahkan menghilang....tambah lagi deh penasarannya.
Memulai perburuan tentang apa sebenernya si endo...pas buka google...wwhhuuaa...ternyata jenisnya banyak banget...hehehe...lemes deh...udah ngga sanggup browsing,mata ngantuk...capek bikin kue seharian.Intinya yang gw tau...sebagian perempuan bisa kena penyakit yang satu ini...dalam fase yang parah,rasa sakitnya bisa bikin kita ngga sanggup beraktifitas sama sekali,bahkan mpe butuh obat penghilang rasa sakit segala..( syukur2 gw tahan banting...)
Penyakit ini biasanya menyerang perempuan usia 26 mpe 35 thn..Katanya sih....ini katanya ya...(habis dokter udah 2 kali salah..hiks)si endo ini ngga berbahaya,tapi mempunyai karakteristik seperti tumor ( nah lho..) yang akan terus tumbuh dan menyebar.wwuih..serem banget ya.Ini kata Andreas Ebert, seorang profesor pada Universitas Humboldt di Berlin Jerman.
Endometriosis juga dapat menyebabkan kemandulan. Hal itu terjadi karena jaringan serta darah yang mengalir pada organ itu menghalangi terjadinya kehamilan kata Christan Albring, Presiden dari Asosiasi Federal Gineakologis Jerman yang berpusat di Hannover. (klo yang ini gw ngga yakin...karna gw sendiri lha kok bisa hamil..hhuayo)
yang pernah gw baca dan dengar,terapi hormon akan sangat membantu..tapi sampai detik ini gw belum tergerak untuk mencoba.sok sibuk banget ya,mpe ngga punya waktu..hehehe
Yang jelas...perempuan yang terkena penyakit ini butuh teman berbagi.ini menurut Katrein Hoffman dari Asosiasi Endometriosis Jerman yang berpusat di Leipzig.wajar ya...karena rasa sakit yang luar biasa pasti teramat sangat mempengaruhi emosi.Mereka terkadang tidak mampu mengekspresikan rasa sakitnya.Aduh...jadi pengen ke jerman deh...kayanya,si endo ini bener2 di treatment abis disana.Di indonesia ada juga ngga ya asosiasi kaya gini...kayanya bikin semangat,bisa share dengan orang yang punya penyakit sama,dan kemudian sembuh.Tapi belakangan yang gw baca,tomat katanya juga bisa membantu penyembuhan...wah...besok mesti browsing lagi neh...harus semangat biar si endo ngga bawa sodara2nya yang laen,tambah repot lagi ntar.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar